JUNIOR: SUMUT U-12 BINAAN ASSBI WAKILI INDONESIA KE SWEDIA

By
Updated: June 24, 2012

Tim usia dini Asosiasi Sekolah Sepakbola Indonesia (ASSBI) Sumut mengukir sejarah manis dengan menjuarai ajang Grassroots Indonesian U-12 Tournament 2012 di Tangerang Selatan, 16-20 Juni 2012.

Sumut memastikan gelar juara setelah memenangi semua laga di babak grand final yang diikuti empat tim terbaik dari hasil babak penyisihan grup.
Di laga pertama, tim asuhan duet pelatih Marzuki Harahap dan Abd Rahman Marassabesy itu unggul atas SSB Dada Rosada Bandung 4-1, selanjutnya mengalahkan Banteng Muda Malang 5-0, dan SSB Hasanuddin Makassar 5-2.

Sebagai juara, Sumut pun berhak mewakili Indonesia di turnamen usia dini dunia bertajuk Gothia Cup di Swedia pada 15-21 Juli mendatang. Gothia Cup merupakan turnamen sepakbola usia dini terakbar di dunia yang pertama kali digelar pada 1975 di Gothenburg. Format pertandingannya adalah 7 lawan 7 dengan total 12 pemain per tim.

“Ini prestasi yang sangat membanggakan. Semua ini berkat perjuangan maksimal pemain di lapangan. Termasuk hasil kerja keras pelatih dan ofisial tim yang sejak awal memiliki tekad dan keyakinan untuk menembus partai puncak,” ujar Ketua ASSBI Sumut, Sumantraji, didampingi Manajer Tim, SF Yudha, setibanya di Bandara Polonia Medan bersama rombongan, Kamis (21/6) malam.

Dikatakan, meski timnya minim persiapan, seluruh pemain bisa tampil kompak. Terbukti, dari delapan laga selama turnamen berlangsung, tim Sumut mencatat tujuh kemenangan dan hanya sekali seri.

“Kini kami akan fokus persiapan menjelang Gothia Cup di Swedia. Ajang itu tentunya akan menjadi pengalaman pertama bagi pemain tampil di event internasional. Saya berharap hasil maksimal kembali bisa diraih di Swedia,” pungkas Sumantraji.

Di Bandara Polonia Medan rombongan disambut Ketua KONI Medan Drs Zulhifzi Lubis serta tokoh sepak bola Sumut lainnya.
Pada kesempatan itu Zulhifzi Lubis atau yang akrab disapa Opung Ladon mengharapkan agar seluruh pemain terus giat berlatih sehingga mampu memperlihatkan penampilan terbaiknya saat berlaga di Swedia nanti.
Adapaun skuad tim U-12 ASSBI Sumut di ajang Grassroots Indonesian U-12 Tournament 2012 adalah Hari M Dhalimunthe, Bayu Yuda Pratama, Egy Maulana Fikri, Zoki A Manurung, M Fatwa Hidatullah, M Roydondo Harahap, Bima Alfareza, M Alfaridzi, Farul Rozi S, Solahuddin, Diki D Saragih, Aldi Syahbana, Dian Ramadhan, dan M Affandi Lubis.

Powered by WP Robot