ISGCA: INDONESIA DULANG EMAS DI CHILDREN SPORT GAMES

By
Updated: July 13, 2012

Kontingen Indonesia berhasil menyabet dua emas, empat perak dan lima perunggu dalam The 5th International Sport Games Children of Asia yang berlangsung di Republik Sakha (Yakutia), Rusia, 9 hingga 15 Juli.

Dua medali emas disabet dari cabang atletik yaitu lari 1000 meter oleh Hadi Nur Ehsan dan Aprilia Kartina. Sedangkan empat perak di cabang taekwondo dan lima medali perunggu dari cabang renang, ujar Penanggung jawab Fungsi Pensosbud KBRI Moskow Aji Surya kepada ANTARA London, Jumat.

“Sebenarnya ada satu medali lagi di cabang renang gaya ganti perorangan namun dibatalkan karena ada kesalahan teknis dalam pembalikan badan,” ujar staf kantor Kemenpora yang menyertai tim Indonesia, Edi Susila.

Indonesia masih bisa menaruh harapan tinggi dari beberapa cabang yang akan dimainkan dalam beberapa hari tarakhir, khususnya panahan dan renang. Optimisme dari pelatih bahwa di dua cabang yang tersisa tersebut Indonesia mampu mendulang beberapa medali, ujar M Aji Surya.

Sementara itu, Dubes RI Moskow, Djauhari Oratmangun, yang sempat menyaksikan langsung jalannya beberapa cabang perlombaan, menilai prestasi tim Indonesia boleh dibilang membanggakan. Maklum lawan Indonesia adalah tim-tim tangguh seperti dari Rusia, China, Iran, Kazakhstan dan Jepang serta atlet dari negara lainnya.

“Saya menyaksikan dengan mata kepala sendiri anak-anak kita berjuang di tengah persaingan yang amat sangat ketat. Sebuah kebanggaan manakala anak negeri mampu menyingkirkan atlet dari negara-nagara yang selama ini terlalu tangguh untuk dilawan,” ujar Djauhari Oratmangun.

Duta Besar mengakui pada dasarnya anak-anak Indonesia memiliki kecakapan yang memadai untuk tampil dan memenangi aneka pertandingan di tingkat internasional. Yang diperlukan pembinaan yang tepat, pemberian fasilitas yang memadai serta jaminan masa depannya.

“Kalau tiga hal itu dipenuhi, nama Indonesia bisa berkibar dalam percaturan olahraga dunia,” ujarnya.

The 5th International Sport Games Children of Asia merupakan kegiatan empat tahunan yang diadakan di Republik Sakha (Yakutia), Rusia Timur diikuti oleh 26 negara Asia.

Kontingen Indonesia terdiri atas 30 atlet yang bermain di cabang panahan, renang, taekwondo dan atletik. Kegiatan ini diorganisasikan secara serius dengan fasilitas yang memadai sehingga mendorong anak-anak untuk berpestasi.

Republik Sakha terletak di bagian Siberia dengan luas wilayah 3.1 juta km persegi, atau kisaran tiga kali luas Indonesia dihuni 950 ribu orang dengan temperatur yang sangat ekstrem, berkisar dari 40 derajat Celcius di musim panas. Penghasilan utamanya berasal dari berlian, batubara, minyak dan gas.

-www.antaranews.com-

Powered by WP Robot