F1: Vettel Pemenangnya, Red Bull Finish 1-2

By
Updated: March 25, 2013

Sepang GP 2013 Podium

Red Bull berhasil keluar sebagai yang terdepan di GP Malaysia. Sebastian Vettel akhirnya tampil sebagai pemenang setelah melewati duel ketat dengan rekannya se-timnya, Mark Webber.

Bertempat di Sirkuit Sepang, Minggu (23/3/2013) sore WIB, balapan awalnya berjalan di lintasan basah menyusul hujan lebat sebelum lomba dimulai.

Vettel berhasil mempertahankan posisi terdepan setelah lampu hijau menyala setelah sempat mendapat gangguan dari Fernando Alonso, yang berhasil menyalip Felipe Massa.

Sial bagi Alonso. Di lap kedua, pebalap Ferrari ini mengalami kerusakan di mobilnya ketika beradu dengan Mark Webber. Alonso keluar trek dan out. Webber di urutan kedua dan Lewis Hamilton ketiga.

Di lap keenam, Vettel memimpin hingga 3,5 detik dari rekannya, Webber. Hamilton masih di belakangnya, disusul oleh Nico Rosberg dan Jenson Button sedangkan Felipe Massa yang tadinya di grid terdepan turun ke posisi keenam.

Di lap kedelapan, pebalap-pebalap mulai masuk pitstop untuk mengganti ban. Sergio Perez naik ke posisi keenam setelah keluar dari pitstop, Vettel turun dengan menghuni peringkat ketujuh. Webber memimpin.

Meski begitu, di lap kesebelas Vettel sudah berada di belakang Webber yang sementara memimpin lomba. Red Bull 1-2 sekarang diikuti Hamilton dan Rosberg. Button kelima disusul Hulkenberg dan Massa. Perez kedelapan, Romain Grosjean dan Kimi Raikkonen melengkapi 10 besar.

Hamilton membuat insiden menggelikan ketika masuk pitstop di lap kesembilan tadi. Ia sempat berhenti di garasi tim lamanya, McLaren, sebelum melakukan pergantian ban di Mercedes.

Barisan depan masih ketat hingga lap ke-18. Webber masih memimpin diikuti, Vettel, Hamilton dan Rosberg dengan jarak masing-masing hanya sekitar dua detik. Raikkonen menyalip Perez dan kini di posisi sembilan.

Vettel sempat mengambil alih posisi Webber setelah masuk pit di lap ke-23. Tapi Webber kembali memimpin diikuti Vettel, Hamilton, Rosberg dan Button.

Di lap ke-32, Vettel justru tercecer di peringkat keempat di belakang Button, Webber dan Hamilton setelah keluar dari pitstop. Rosberg tepat di belakang pebalap Red Bull itu.

Webber kembali memimpin balapan setelah menyalip Button di lap ke-35. Pebalap Australia ini dikejar oleh Hamilton dan Vettel serta Rosberg.

Satu lap berikutnya, Button mengalami nasib sial. Ia harus kembali ke pitstop karena masalah di ban depannya. Button kini berada di posisi 14.

Di lap ke-39, Vettel berhasil mengejar Hamilton untuk berada di belakang Webber. Sementara itu, Raikkonen masih terus beradu dengan pebalap Sauber Nick Hulkenberg untuk berebut posisi delapan.

Pertarungan sengit terjadi di antara dua Red Bull. Setelah Webber masuk pit di lap ke-44, Vettel mencoba menyalip rekan se-timnya itu meski masih gagal. Jarak keduanya kini cuma 0,5 detik.

Vettel akhirnya mengambil alih posisi Webber di lap ke-46 setelah didahului dengan duel seru. Massa sekarang di posisi kelima, Grosjean keenam dan Perez ketujuh.

Di lap ke-48, duo Red Bull semakin jauh dari Hamilton dengan jarak nyaris 10 detik. Hamilton di posisi ketiga berjarak 1,1 detik dari rekannya, Rosberg.

Raikkonen perlahan namun pasti kini sudah berada di posisi keenam, menyalip Perez di lap ke-49. Namun posisi itu kembali didapatkan Massa di putaran berikutnya.

Lima lap terakhir, Red Bull masih berkuasa diikuti duo Mercedes. Vettel terdepan disusul oleh Webber, Hamilton dan Rosberg.

Di lap ke-54, Massa melewati Grosjean untuk mengambil alih posisi kelima di tingkutan terakhir. Raikkonen ada di posisi ketujuh. Satu lap berikutnya, Button retired.

Di lap terakhir, tidak ada perubahan dari posisi yang terakhir. Chequered flag berkibar, Vettel memenangi GP Malaysia. Di podium ia akan ditemani Webber dan Hamilton.

Hasil Lengkap GP Malaysia
Pos Pebalap Tim Catatan Waktu

1. Sebastian Vettel Germany Red Bull-Renault 56 laps 1hr 38m 56.681s
2. Mark Webber Australia Red Bull-Renault +00m 04.2s
3. Lewis Hamilton Britain Mercedes-Mercedes +00m 12.1s
4. Nico Rosberg Germany Mercedes-Mercedes +00m 12.6s
5. Felipe Massa Brazil Ferrari-Ferrari +00m 25.6s
6. Romain Grosjean France Lotus-Renault +00m 35.5s
7. Kimi Raikkonen Finand Lotus-Renault +00m 48.4s
8. Nico Hulkenberg Germany Sauber-Ferrari +00m 53.0s
9. Sergio Perez Mexico McLaren-Mercedes +00m 72.3s
10. Jean-Eric Vergne France Toro Rosso-Ferrari +00m 87.1s

11. Valtteri Bottas Finland Williams-Renault +00m 88.6s
12. Esteban Gutierrez Spain Sauber-Ferrari +1 lap
13. Jules Bianchi France Marussia-Cosworth +1 lap
14. Charles Pic France Caterham-Renault +1 lap
15. Giedo van der Garde Holland Caterham-Renault +1 lap
16. Max Chilton Britain Marussia-Cosworth +2 laps
17. Jenson Button Britain McLaren-Mercedes +3 laps
18. Daniel Ricciardo Australia Toro Rosso-Ferrari +5 laps

Tidak Finis
Pastor Maldonado Venezuela Williams-Renault
Adrian Sutil Germany Force India-Mercedes
Paul di Resta Britain Force India-Mercedes
Fernando Alonso Spain Ferrari-Ferrari

www.detiksport.com

Powered by WP Robot