EURO 2012: KROASIA TAHAN IMBANG ITALIA 1-1

By
Updated: June 15, 2012

Kroasia berhasil menahan Imbang Italia 1-1 dalam lanjutan pertandingan penyisihan grup C pada Euro 2012, di Stadion Municipal Poznan, Polandia.

Gol Italia dicetak oleh Andrea Pirlo pada menit ke-39 dan gol balasan Kroasia dihasilkan Mario Mandzukic pada menit ke-72.

Pertandingan dimulai dengan tempo lambat. Italia lebih dulu mendapat peluang pada menit ke-11 lewat tendangan spekulasi Claudio Marchisio dari luar kotak penalti. Namun, bola tendangan keras gelandang Juventus itu masih tipis melenceng di atas mistar gawang kiper Stipe Pletikosa.

Kroasia bukan tanpa serangan. Pada menit ke-20, Darijo Srna melepaskan umpan silang berbahaya ke Ivan Rakitic yang berada di tengah kotak penalti. Beruntung, kiper Gianluigi Buffon sigap memotong umpan tersebut.

Italia kembali mendapat peluang melalui Antonio Cassano pada menit ke-33. Mendapat umpan terobosan lambung, Cassano yang lolos dari jebakan off-side pemain belakang Kroasia masih belum berhasil mencetak gol karena bola melebar ke sisi kanan gawang Pletikosa.

Gol akhirnya tercipta bagi Italia yang dicetak oleh Pirlo pada menit ke-39. Gol berawal dari pelanggaran barisan belakang Kroasia terhadap Balotelli di depan kotak penalti. Pirlo mampu memaksimalkan pelanggaran itu dengan mencetak gol dari tendangan bebas yang terarah ke pojok kanan gawang tanpa mampu ditepis Pletikosa.

Sehabis istirahat, Kroasia langsung tancap gas. Beberapa kali kombinasi Luca Modric dan Ivan Rakitic mengancam barisan pertahanan Italia yang dipimpin Giorgio Chiellini. Pada menit ke-69, Mario Mandzukic hampir membuat pendukung Italia bungkam, jika tendangannya tak mampu dihalau Buffon dengan cukup baik.

Tiga menit berselang, Mandzukic akhirnya berhasil membuat Buffon memungut bola dari gawangnya setelah mencetak gol sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Menerima umpan silang dai Ivan Strinic, Ia mengontrol bola dengan baik, sebelum melepaskan tendangan keras ke arah gawang dan gol.

Gol itu membuat semangat pemain Kroasia meningkat. Hingga menit-menit akhir, beberapa kali mereka mengancam gawang Italia. Sementara, Italia pun tak tinggal diam, beberapa kali Antonio Di Natale membuat repot pertahanan Kroasia. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang skor 1-1 tetap bertahan.

Dengan hasil ini, Italia berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup C dengan dua poin. Pada pertandingan terakhir, Italia akan menghadapi Irlandia.