DAVIS CUP: Rep Ceko Juara Davis Cup

By
Updated: November 19, 2012

Untuk kali pertama setelah menjadi negara merdeka, Republik Ceko memenangi Piala Davis. Pada laga final yang digelar Senin (19/11/2012) dinihari WIB, Republik Ceko menundukkan Spanyol dengan 3-2.

Dalam laga yang digelar di O2 Arena, Praha, sukses Republik Ceko ditentukan oleh Radek Stepanek yang turun di nomor terakhir. Menghadapi Nicolas Almagro, kemenangan dramatis didapat Stepanek dengan kedudukan 6-4, 7-6 (0), 3-6 dan 6-3. Demikian dikutip dari Reuters.

Pada empat nomor yang pertandingan sebelumnya, kedua tim bermain sama kuat 2-2. Spanyol lebih dulu memimpin setelah David Ferrer mengalahkan Stepanek, namun Republik Ceko menyamakan kedudukan menyusul kemenangan yang diraih Tomas Berdych atas Nicolas Almagro.

Duo Tomas Berdych/Radek Stepanek kemudian bisa membawa Republik Ceko balik unggul setelah mengalahkan pasangan Marcel Granollers/Marc Lopez. Skor kemudian berubah menjadi 2-2 menyusul kemenangan yang didapat David Ferrer atas Tomas Berdych.

“Juara Piala Davis! Itu luar biasa. Kami membuat sejarah hari ini dan berharap seluruh negara merayakannya bersama kami,” seru Stepanek dalam sambutannya usai memastikan meraih trofi juara.

Kemenangan ini juga menjadi pembalasan sempurna Republik Ceko pada Spanyol, di mana pada tahun 2009 pertemuan keduanya di Spanyol berakhir dengan skor 5-0 untuk tuan rumah. Republik Ceko pun menjadi negara pertama dalam 22 tahun terakhir yang sukses mengawinkan Piala Davis dan Piala Federasi.

Buat Republik Ceko ini merupakan sukses pertama mereka menjadi kampiun. Di tahun 1980 mereka sesungguhnya pernah jadi juara, namun ketika itu masih bernama Czechoslovakia.

sumber: www.detiksport.com

 

Powered by WP Robot