Babat Maladewa 4-0, Timnas U-23 ke Perdelapan Final

By
Updated: September 18, 2014

timnas-u-23

TRIBUNNEWS.COM, INCHEON – Tim nasional Indonesia U-23 meraih kemenangan telak 4-0 atas Maladewa di pertandingan kedua babak penyisihan Grup E cabang olahraga sepak bola Asian Games XVII/2014 di Inchen Football Stadium, Kamis (18/9). Hasil ini mengantarkan skuat asuhan pelatih Aji Santoso lolos ke babak 16 besar.

Pada babak pertama, Indonesia mencetak gol melalui Rizki Ramdani Lestaluhu pada menit ke-13, Pada babak kedua, tim merah-putih memperbesar keunggulan melalui gol yang dicetak Ferdinand Sinaga menit ke-49, penalti menit ke-82, dan Bayu Gatra menit ke-57.

Pelatih timnas Indonesia U-23, Aji Santoso, mempertahankan tim utama yang di laga pertama menang telak 7-0 atas Timor Leste. Tercatat hanya satu pemain yang diganti, yaitu Syakir Sulaiman. Posisi yang ditinggalkan pemain Sriwijaya FC itu diisi oleh Fandi Eko Utomo.

Masuknya striker Persebaya itu membuat Aji Santoso menerapkan formasi 4-4-2, di mana anak kandung dari mantan pemain timnas Yusuf Ekodono  berduet dengan Ferdinand Sinaga, yang mencetak quattrick di laga pertama.

Fandi menjawab kepercayaan yang diberikan pelatih dengan memberikan umpan atas terciptanya gol Ramdani Lestaluhu di menit ke-13. Fandi memberikan umpan matang dengan melob bola ke area kotak penalti, yang mengarah kepada Ramdani Lestaluhu. Berhadapan langsung dengan kiper, pemain Persija itu menendang bola masuk ke gawang.

Pada babak kedua, Indonesia tampil menekan sejak menit pertama. Laga berjalan lima menit gawang Maladewa kebobolan. Ferdinand Sinaga mencetak gol, setelah berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang. Ini merupakan gol kelima pemain Persib Bandung selama gelaran Asian Games dan dia sukses memberikan kado manis di hari ulang tahun ke-26 pada hari ini.

Indonesia memperbesar keunggulan di menit ke-57. Gol tercipta melalui kerjasama satu-dua antara Ferdinand Sinaga dan Bayu Garta. Bayu yang berdiri di kotak penalti tak melewatkan kesempatan untuk membobol gawang.

Kerugian dialami Indonesia saat kiper utama Andritany Ardhiyasa menderita cedera, setelah bertabrakan dengan pemain Maladewa. Pemain Persija ituditarik ke luar digantikan Teguh Amirudin. Ramdani Lestaluhu juga tak mampu melanjutkan laga karena cedera, tempatnya digantikan Rassyid Bakri.

Ferdinand mencetak gol kedua di pertandingan itu melalui tendangan penalti di menit ke-82. Wasit menunjuk titik putih, setelah pemain Maladewa, Sandu Muhamad melakukan pelanggaran kepada Alfin Tuasalamony. Sebagai eksekutor, Ferdinand sukses menjalankan tugasnya. Sampai pertandingan berakhir kedudukan 4-0 untuk keunggulan Indonesia tidak berubah.

Untuk sementara, Indonesia memuncaki klasemen grup E, setelah mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan. Hasil ini mengantarkan tim merah-putih lolos dari babak penyisihan grup. Di pertandingan pamungkas grup E, skuat asuhan Aji Santoso akan menghadapi Thailand di Inchen Football Stadium pada Senin (22/9).

Powered by WP Robot