AUSTRALIA TERBUKA 2013: Kalahkan Andy Murray, Djokovic Cetak Hattrick

By
Updated: January 28, 2013

Australian Open Tennis

Novak Djokovic berhasil mengalahkan Andy Murray dalam pertarungan empat set final Australia Terbuka 2013. Ia pun menorehkan rekor juara tiga tahun berturut-turut di Melbourne Park.

Bermain selama tiga jam 50 menit di Rod Laver Arena, Djokovic menundukkan Murray dengan skor 6-7 (2-7) 7-6 (7-3) 6-3 6-2.

Dengan demikian unggulan teratas itu menambahkan koleksi gelarnya di Melbourne Park menjadi empat buah. Tiga yang pertama ia raih di tahun 2008, 2011, dan 2012.

Itu berarti pula Djokovic menorehkan rekor sebagai petenis pertama di era Open yang bisa memenangi Australia terbuka tiga tahun berturut-turut.

Sementara itu Murray harus mengubur mimpinya memenangi dua Grand Slam secara beruntun, setelah ia merengkuh yang pertama dalam kariernya di Amerika Serikat Terbuka 2012, di bulan September.

Petenis asal Skotlandia itu juga gagal mewujudkan mimpi panjang warga Inggris Raya (Britania), yang belum pernah mendapatkan seorang petenis putranya menjuarai turnamen di lapangan hard court di Australia tersebut.

Di dua set pertama masing-masing pemain mampu mengamankan servisnya. Murray memenangi tie break pertama, Djokovic membalasnya di tie break set kedua.

Di set ketiga Djokovic berhasil mematahkan servis Murray saat memimpin 4-3. Petenis Serbia berusia 25 tahun itu memenangi game berikutnya dengan relatif mudah, dan memenangi set ketiga dengan 6-3.

Sementara itu Murray terlihat mulai menurun staminanya. Pukulan-pukulannya sering tidak akurat atau mudah dimatikan Djokovic. Ia pun dua kali patah servisnya di set keempat ini, dan Djokovic meninggalkannya sampai 5-1.

Murray masih bisa meraih poin di game berikutnya, tapi Djokovic telah di atas angin dan kemudian mencapai match point saat memegang servis. Sebuah pengembalian Murray yang menyangkut di net memastikan Djokovic jadi juara. Pertandingan selesai setelah menghabiskan waktu tiga jam 40 menit.

Rekor pertemuan Djokovic-Murray pun menjadi 11-7 untuk keunggulan Djokovic. Ia juga selalu menang atas lawannya itu di tiga pertandingan mereka yang terakhir.

Powered by WP Robot