ATP WORLD TOUR: Djokovic Tutup Musim 2012 dengan Manis

By
Updated: November 13, 2012

Novak Djokovic menutup musim 2012 dengan manis. Petenis rangking satu dunia ini tampil sebagai juara ATP World Tour Finals usai di final mengalahkan Roger Federer, straight set 7-6(6) dan 7-5.

Bertempat di O2 Arena, London, yang berakhir Selasa (13/11/2012) pagi WIB, laga final ini sarat akan aksi-aksi luar biasa yang diperagakan kedua petenis.

Djokovic selalu tertinggal lebih dahulu di kedua set tapi mampu melakukan comeback sebelum menumpas perlawanan Federer dalam duel yang berdurasi 2 jam 14 menit.

Di set pertama, petenis 25 tahun asal Serbia ini lambat panas sehingga tertinggal 0-3 dari Federer. Namun, Djokovic mampu menemukan bentuk permainannya dan mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Di game kesembilan Djokovic berhasil mematahkan servis petenis Swiss itu untuk balik memimpin 5-4. Akan tetapi, Federer mematahkan servisnya kembali guna menyeimbangkan permainan dalam kedudukan 5-5.

Kedua petenis berhasil mengamankan servis masing-masing di dua game selanjutnya untuk melanjutkan pertandingan ke babak tie break. Lagi-lagi laga berjalan ketat namun Djokovic tampil sebagai pemenang dengan keunggulan 8-6.

Seperti sebelumnya, awal set kedua tidak berjalan manis buat Djokovic. Peraih 17 titel grand slam ini kembali mematahkan servis Djokovic untuk memimpin 2-0.

Federer nyaris memaksakan set ketiga saat unggul 5-3 dari lawannya. Namun, Djokovic mematahkan servis Federer di game 10 dan membuat skor imbang 5-5.

Dengan momentum yang kini dimilikinya, Djokovic berhasil mengamankan servisnya guna berbalik unggul 6-5. Di game terakhir, Djokovic mematahkan servis lawan dan mengakhiri laga dengan pukulan backhand yang gagal diantisipasi Federer.

Dengan kemenangan ini, Djokovic memperoleh hadiah berupa uang sebesar 1,76 juta dolar AS (setara dengan Rp 16,9 miliar) karena menjuarai turnamen tanpa kekalahan di babak grup. Ini juga menjadi titel Tour Finals kedua peraih lima gelar grand slam itu usai sebelumnya juara di 2008.

Selama 2012, Djokovic telah memperoleh enam gelar; Australia Terbuka, Miami Masters, Rogers Cup, China Terbuka, Shanghai Masters dan ATP World Tour Finals.

Sementara itu, Federer menyabet empat gelar yakni Indian Wells, Madrid Terbuka, Wimbledon dan Cincinnati Masters.

sumber: www.detiksport.com

Powered by WP Robot