ALL ENGLAND: Tontowi/Liliyana Berhasil Pertahankan Gelar

By
Updated: March 12, 2013

005939_tontowililiyanai

Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil mempertahankan gelar juaranya di All England 2013. Tontowi/Liliyana tampil luar biasa untuk mengalahkan ganda China, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Dalam pertandingan final yang berakhir Senin (12/3/2013) dinihari WIB, Tontowi/Liliyana mengalahkan Zhang/Zhao secara straight set dengan skor 21-13, 21-17 dalam 42 menit.

Ini adalah gelar kedua beruntun Tontowi/Liliyana setelah meraihnya pada 2012 atau yang ketiga dalam sejarah Indonesia. Gelar ganda campuran pertama disumbangkan oleh Christian Hadinata/Imelda Wiguna pada 1979.

Tontowi/Liliyana tertinggal dua angka pertama dari Zhang Nan/Zhao Yunlei. Tapi berhasil mengejar dalam kedudukan 4-4.

Setelah itu, pasangan Indonesia ini melaju kencang. Empat angka berturut-turut dan tidak terhentikan hingga jeda di skor 11-6.

Pasangan China itu sempat mendekat di angka 10-13 tapi Tontowi/Liliyana sukses menjauhkan diri dengan memimpin 19-11. Jarak kedua menipis menjadi 13-19 usai kesalahan Tontowi/Liliyana.

Tontowi/Liliyana akhirnya memastikan kemenangan di set pertama 21-13 setelah pukulan pengembalian Zhao membentur net.

Kegagalan Liliyana menyeberangkan bola membuat Zhang/Zhao meraih angka pertama di set kedua. Namun, kemudian berhasil menyamakan kedudukan dan menyalip pasangan China itu, kedudukan kini 6-3.

Zhang/Zhao sempat memperlihatkan perlawanan. Tontowi/Liliyana berhasil bertahan untuk mengakhiri pertengahan set dalam keunggulan 11-7.

Zhang/Zhao sempat mendekat menjadi 12-14 setelah Tontowi gagal menyeberangkan shuttlecock. Dan smes keras Tontowi pula berhasil menambah perolehan angka pasangan Indonesia menjadi 15-12.

Bermain lebih percaya diri, Tontowi/Liliyana meneruskan lajunya dengan unggul 19-13 setelah Zhao gagal mengembalikan servis Tontowi.

Jarak keduanya menjadi tiga poin menjadi 19-16, pengembalian Liliyana melebar garis single. Kesalahan Zhao membuat Tontowi/Liliyana satu poin saja menuju kemenangan.

Pasangan China ini belum menyerah. Smes Zhao gagal diantisipasi Liliyana. Titel juara dipastikan menjadi milik pasangan Indonesia setelah pengembalian lawan membentur net dan set kedua berakhir dengan skor 21-17.

Sumber: www.detiksport.com

Powered by WP Robot